Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Desa, Bupati Landak Launching CMS Desa
Berita Kabupaten

Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Desa, Bupati Landak Launching CMS Desa

Oleh
Administrator

22 Jun 202110:10:45 WIB127 views

Bupati Landak secara resmi melaunching/ peluncuran Cash Management System (CMS) desa yang merupakan salah satu fitur layanan pada Bank Kalbar dalam rangka mendukung pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel berbasis non tunai pada hari Selasa (22/06/2021) di aula utama kantor Bupati Landak.

Acara ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Landak, Dirut PT.Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat yang diwakili oleh Direktur Umum, Pimpinan Bank  Kalbar Cabang Ngabang, Kepala OPD terkait, Tenaga Ahli P3PD, para Camat serta Kepala Desa se-Kabupaten Landak.

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengungkapkan penerapan sistem pembayaran secara non tunai merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Landak agar pelaksanaan asas transparan , akuntabel serta tertib  dan disiplin  anggaran dalam pengelolaan keuangan desa dapat terlaksana dengan baik.

Dalam rangka transaksi keuangan yang aman , efektif dan efisien, Perbankan telah menyediakan beberapa fasilitas berbasis teknologi  salah satunya adalah cash management system (CMS). Tahun 2021 ini merupakan tahun pertama bagi seluruh pemerintah desa di Kabupaten Landak dalam menerapkan sistem pembayaran melalui internet banking berupa cash management system (CMS) dalam pelaksanaan APB Desanya.

Pada tahun pertama ini seluruh desa (156) desa diwajibkan menerapkan CMS untuk pembayaran penghasilan tetap  (Siltap) dan tunjangan yakni Siltap dan tunjangan Kepala Desa, Siltap dan tunjangan perangkat desa, dan tunjangan Badan Permusyawaratan Desa.

Bupati Landak berharap dengan menerapkan CMS desa ini, tercipta sinergitas dalam mendukung pembangunan desa.

“Saya berharap tercipta sinergitas dalam mendukung  pembangunan desa, termasuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan desa”, harap Karolin.

Bank Kalbar diharapkan terus mengembangkan aplikasi yang digunakan dalam penerapan CMS Desa ini, agar benar-benar membantu dan semakin memudahkan Pemerintah Desa dalam melakukan transaksi dan membuat pelaporannya.  

Kepada para Kepala Desa, Bupati juga mengingatkan agar tidak melupakan salah satu kewajiban dalam pengelolaan keuangan Desanya, yakni membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku. 

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak Mardimo,SE.,ME menyampaikan bahwa kunci utama dapat terlaksananya sistem ini adalah karena inisiator utamanya serta dukungan yang luar biasa dari Bupati Landak. Selain itu dukungan yang nyata dan komitmen dari Bank Kalbar Cabang Ngabang untuk menyiapkan hingga melakukan pendampingan.