Anggota BPD Se-Kabupaten Landak Resmi Dilantik

Oleh Administrator 13 Apr 202112:29:29 WIB
243 views
Anggota BPD Se-Kabupaten Landak Resmi Dilantik

LANDAK-  Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa menggelar kegiatan pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang dilaksanakan di lapangan Stadion Patih Gumantar Ngabang pada hari Selasa (13/04/2021), pelantikan ini dilakukan langsung oleh Bupati Landak kepada 959 anggota BPD yang tersebar di 145 desa untuk masa bakti 2021-2027.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu dari perwakilan DPRD (ketua komisi c), unsur Forkopimda (Danyon Armed, Kapolres Landak, Kajari, perwakilan direktur Bank kalbar cabang Ngabang),pimpinan OPD,para camat serta 145 kades.

Pelantikan BPD ini merupakan rangkaian proses konstitusi kegiatan pemilihan anggota BPD yang juga untuk memberikan kepastian hukum atas hasil pilihan masyarakat, dalam hal ini Bupati mengesahkan apa yang menjadi pilihan masyarakat sesuai dengan Peraturan PerUndang-Undangan yang berlaku.

Pelaksanaan Pelantikan BPD sudah sesuai dengan Protokol Kesehatan,mulai dari administrasi terkait Protokol Kesehatan hingga pelaksanaan dilapangan dengan melibatkan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19. Bahkan bagi  anggota BPD yang dilantik beserta kades sebelum pelaksanaan diwajibkan untuk tes swab antigen terlebih dahulu, apabila ada hasil swab yang kedapatan positif tidak diperbolehkan ikut pelantikan BPD.

"Sebelum dilaksanakannya pelantikan BPD ini kita bekerjasama dengan Dinkes sudah melakukan swab antigen terlebih dahulu kepada para peserta, demi memastikan peserta aman dari COVID-19, " ungkap Kepala DPMPD Mardimo.

Karolin berpesan kepada anggota BPD yang baru dilantik agar menjalankan tugas dengan baik, jika mendapatkan permasalahan dilapangan, selidiki terlebih dahulu penyebab dari permasalahan tersebut dengan cara musyawarah mufakat.

"Jika permasalah itu tidak bisa diselesaikan oleh tingkat desa, bikin surat tunjukan kepada Bupati atau kepala dinas yang menangani pemerintahan Desa, setelah itu kami akan telusuri dan berikan jawaban atas permasalahan yang ada. sekali lagi Saya ingatkan bagi anggota BPD yang baru dilantik ikuti mekanisme yang ada," ujar Karolin.

Sebagai penutup Karolin mengajak bersama-sama membangun Kabupaten Landak terutama dalam situasi Pandemi COVID-19 ini yang memang membuat hambatan pemerintahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kepada para kades ini lah mitra-mitranya agar dapat menjalani kemitraan yang baik, koordinasi, komunikasi dan menerima masukan demi kemajuan pembangunan didesanya masing-masing dan nanti di kecamatan ada para camat yang akan mengawasi bagaimana pemerintah didesa yang sebagai perwakilan Bupati, karena Bupati juga melimpahkan sebagian kewenangan kepada para camat," tutup Karolin.

Bagikan berita ini :
Berita Lainnya