Pemkab Landak Laksanakan Aksi Ke-3 Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting
Berita Kabupaten

Pemkab Landak Laksanakan Aksi Ke-3 Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting

Oleh
Administrator

07 Mei 202109:06:10 WIB170 views

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kelembagaan dan Kerjasama Desa  Ida Suryani, SM mengikuti kegiatan rencana aksi ke-3 konvergensi percepatan penurunan stunting (KP2S) kabupaten Landak tahun 2021 dengan tema rembuk stunting yang digelar oleh Bappeda Kabupaten Landak, Kamis (06/05/2021) bertempat di aula utama Bappeda Kabupaten Landak.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekda Landak Vinsensius, S.Sos.,MMA dan turut dihadiri oleh tim koordinasi daerah KP2S Kabupaten Landak,  7 Camat yang menjadi lokus intervensi percepatan penurunan stunting, serta para Kepala Desa ynag daerahnya menjadi lokus intervensi percepatan penurunan stunting.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk membangun  komitmen bersama pemerintah Kabupaten Landak dan sekaligus untuk  mengambil langkah-langkah upaya percepatan penurunan stunting di kabupaten Landak melalui penetapan kebijakan  program kegiatan masing-masing OPD terhadap intervensi penurunan  stunting di kabupaten Landak.

Berdasarkan data operasi timbang di bulan Agustus 2020, jimlah Balita pendek dan sangat pendek di kabupaten Landak sebanyak 5.854 atau 28,2 % dari total 20.773 balita.

Dalam sambutan Bupati Landak yang disampaikan oleh Sekda Landak menegaskan bahwa  pemkab Landak sangat mendukung dan berupaya mempercepat penurunan angka stunting di kabupaten Landak salah satu upaya yang dilakukan yaitu melalui rembuk stunting ini.

"untuk itu selaku kepala daerah saya sangat mendukung dan mengapresiasi dilaksanakannya rencana aksi ke-3 konvergensi percepatan penurunan stunting (KP2S) dengan tema rembuk stunting, karena rembuk stunting merupakan suatu kegiatan untuk mengantisipasi bertambahnya balita stunting dan strategi penanganan stunting. "kata Vinsensius.

"Melalui rapat KP2S ini saya sangat berharap komitmen kita semua agar hasil rembuk stunting ini disusun rencana intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting yang nantinya dimuat dalam RKPD atau Renja OPD tahun berikutnya, " harap Sekda Landak.

Dalam percepatan penurunan stinting, DPMPD Kabupaten Landak   melaksanakan aksi ke-4 yaitu membuat Peraturan Bupati kewenangan berskala desa, dan ke-5 yaitu  pembinaan KPM dengan mendorong diterbitkannya SK KPM oleh Kepala Desa.

Dalam kegiatan ini  Kabid Pemberdayaan Masyarakat Kelembagaan Dan Kerjasama Desa Ida Suryani mewakili Kepala DPMPD menyampaikan materi mengenai  kewenangan desa/ membina KPM. Diakhir acara seluruh peserta rembuk stunting menandatangani  berita acara dan komitmen  bersama dalam rangka percepatan pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi.