Pemkab Landak Lakukan Pelepasan Dampingan PKMD Bethesda Serukam
Berita Kabupaten

Pemkab Landak Lakukan Pelepasan Dampingan PKMD Bethesda Serukam

Oleh
Administrator

24 Mei 202121:27:15 WIB113 views

LANDAK- Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa melakukan fasilitasi kegiatan phasing out / pelepasan dampingan PKMD desa  Sempatung, desa Tengon, dan desa Parek kecamatan Air Besar yang dilaksanakan diaula utama kantor Bupati Landak Senin, (24/05/2021). 

Kegiatan phasing out ini dihadiri oleh Direktur PKMD Bethesda Serukam Nicolaus, S.KM, Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Kelembagaan dan Kerjasama Desa pada DPMPD Kabupaten Landak Ida Suryani, SM, pihak Bappeda dalam hal ini diwakili oleh Kabid Sosial Budaya Seno, SE., MM,  Camat  Air Besar, pihak OPD terkait, Tenaga Ahli P3PD, perwakilan Puskesmas Air Besar, Kades Sempatung, Kades Tengon, Kades Parek, dan PKM masing-masing desa. 

Sebelumnya kegiatan pendampingan kegiatan masyarakat desa (PKMD) Bethesda Serukam di tiga desa ini telah berjalan sejak tahun 1980an yang bergerak untuk membangun dibidang kesehatan masyarakat,  lingkungan, bidang pertanian, hingga pendidikan. 

Direktur PKMD Bethesda Serukam Nicolaus, SKM mengatakan bahwa maksud dan tujuan program yang pihaknya lakukan ditiga desa ini yang meliputi desa Sempatung, desa Tengon, dan Desa Parek yaitu untuk membangun kerjasama strategis diberbagai aspek pembangunan. Setelah dilakukan pashing out atau pelepasan ini dirinya berharap ketiga desa yang telah menerima program dapat terus dilakukan penguatan program baik oleh pemda maupun pemerintah desa  itu sendiri. 

"Tujuan kegiatan ini yaitu menjalin kerjasama sinergis bersama OPD terkait dan desa. Dengan adanya pelepasan ketiga desa ini kami meminta kepada pemerintahan desa terkait dan pemerintah daerah melalui OPD terkait bisa meningkatkan lagi apa yang sudah dilakukan di 3 desa tersebut," Pinta Nicolaus. 

Selanjutnya Nicolaus berharap setelah adanya pelemasan PKMD di tiga desa ini, pemerintah daerah maupun desa dapat terus meningkatkan program-program yang telah dilakukan bersama. 

"Salah satu yang kami harapkan untuk menjaga lingkungan. Berikutnya harapan kami pemerintahan desa bisa memberdayakan tim pokja, kader kesehatan, kelompok tani agar bisa dimaksimalkan secara baik dalam meningkatkan program-program yang telah kita lakukan bersama-sama, " harapnya. 

Sementara itu Kabid PMKKD pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Landak Ida Suryani,SM yang mewakili Kepala Dinas menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi program PKMD Bethesda Serukam yang sudah berlangsung sangat lama di kabupaten Landak, dan sudah seharusnya OPD terkait melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan untuk membangun masyarakat pedesaan. 

"Jadi PKMD Bethesda Serukam ini sudah hadir di kabupaten Landak sejak tahun 1980an membina tiga desa tadi. Jadi kita sangat terbantu sekali dengan adanya PKMD Serukam ini,  terimakasih udah banyak membantu kita Pemda Landak . Jadi kita semua OPD terkait wajib melanjutkan apa yang sudah kita bina terhadap masyarakat kita, " ungkap Ida Suryani. 

Kemudian Ida berharap pembangunan yang sudah dilakukan baik fisik maupun non fisik dapat dijaga oleh masyarakat desa setempat, dan dapat  mempertahankan dan meningkatkan kemajuan yang telah ada. 

"Pembangun fisik dan non fisik yang sudah  dilakukan di tiga desa tersebut agar dirawat dan dijaga. Perubahan dan kemajuan yg sudah ada supaya dipertahankan dan perlu ditingkatkan, " Harap Ida Suryani.