halaman

Penilaian Kinerja

Oleh
admin

23 Mei 202113:20:35 WIB52 views

Penilaian Kinerja

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menerbitkan Peraturan Menteri PAN-RB No. 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Peraturan Menteri ini sebagai acuan teknis pelaksanaan penilaian pada unit penyelengara pelayanan publik di lingkungan Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Permen ini turunan dari UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik (Pasal 38) dan PP No. 96/2012 tentang Pelaksanaan UU No. 12/2009 tentang Pelayanan Publik.

Ada enam indikator dengan masing-masing memiliki bobot dalam penilaian kinerja unit penyelenggara pelayanan publik sesuai Permen No. 17/2017 yakni :

  1. Kebijakan Pelayanan (30 persen),
  2. Profesionalisme SDM (18 persen),
  3. Sarana Prasarana Pelayanan (15 persen),
  4. Sistem Informasi Pelayanan (15 persen),
  5. Konsultasi dan Pengaduan (15 persen),
  6. Inovasi Pelayanan (7 persen).

Jika setiap unit penyelenggara pelayanan publik ingin memiliki Kinerja Pelayanan Prima maka enam indikator ini bisa menjadi jalan menuju predikat tersebut.

Bagikan info ini :